Kamis, 06 Oktober 2016

Bahaya Hidrosefalus

Tags

Bahaya Hidrosefalus

Hidrosefalus adalah suatu kondisi dimana melebar ventrikel serebral menghambat aliran normal cairan serebrospinal (CSF). CSF terakumulasi dalam tengkorak dan menempatkan tekanan pada jaringan otak. Kepala membesar pada bayi dan peningkatan tekanan CSF adalah temuan yang sering terjadi tetapi tidak diperlukan untuk diagnosis.
Bahaya Hidrosefalus
Biasanya, CSF disekresi dalam rongga otak dan diserap oleh selaput yang melapisi rongga. Jika membran tidak menyerap cairan atau jika cairan tersebut diblokir, itu akan menumpuk di rongga. Penumpukan cairan tersebut menyebabkan kepala menjadi membesar dan otak menjadi terkompresi. Kondisi ini dapat menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, keterbelakangan mental, ketidakmampuan untuk berbicara dan kejang-kejang. Selain itu, kondisi ini juga beresiko mengalami beberapa kondisi yang pastinya tidak Anda inginkan, yaitu seperti gangguan koordinasi, penurunan daya ingat, kesulitan belajar, sulit berkonsentrasi dan perhatian mudah beralih.

Pada umumnya, untuk pengobatan penyakit hidrosefalus ini perlu dilakukan operasi pembedahan pemasangan selang atau Vp-Shunt. Tindakan tersebut bertujuan untuk mengalihkan cairan yang berlebihan di dalam otak ke bagian yang dapat menyerapnya ke pembuluh darah. Namun ada nyatanya, proses VP-Shunt ini tidak sempurna, harus dilakukan pertimbangan terlebih dahulu. Setelah proses pemasangan VP Shunt ini bisa terjadi komplikasi, seperti diskoneksi komponen alat, alat yang putus, erosi alat ke kulit atau organ perut, over shunting, under shunting, buntu di proksimal atau distal, letak alat tidak pas, perdarahan subdural, dan infeksi.

Bahaya Hidrosefalus
Tahukan anda bahwa penyakit hydrocephalus terdapat 3 jenis yaitu yang pertama adalah Hidrosefalus kongenital, yang kedua Hidrosefalus yang didapat atau acquired, dan yang ketiga Hidrosefalus dengan tekanan normal.
  • Hidrosefalus dengan tekanan normal biasanya menyerang manula. Pasien yang menderita penyakit ini akan sulit mencerna informasi dan lambat dalam menanggapi situasi atau pertanyaan, merasakan gejala kesulitan menggerakkan kaki, sulit menahan kencing, sering merasa ingin kencing.
  • Hidrosefalus yang didapat atau acquired biasanya diderita oleh anak-anak dan orang dewasa. Gejala dari penyakit ini Nyeri kepala terasa di pagi hari setelah bangun tidur, mengantuk, mual dan nyeri leher, sakit kepala, penglihatan buram, sulit berjalan, kebingungan, sulit menahan buang air kencing atau menahan buang air besar dan apabila tidak segera mendapatkan penangan yang tepat bisa menyebabkan koma, bahkan kematian.
  • Hidrosefalus kongenital adalah penyakit hydrocephalus yang dialami oleh bayi baru dilahirkan. Gejala dari penyakit ini terlihat pada kepalanya yang sangat besar, Ubun-ubun terlihat menggelembung dan menegang, otot kaki terlihat kaku, mata yang terlihat seperti memandang ke bawah, mudah kejang. mudah mengantuk, mual, rewel, dan susah makan.
Terimakasih Telah Mengunjungi Blog Kami

Anda dapat mengunjungi beberapa website yang akan kami rekomendasikan jika ingin mendapatkan pengobatan hidrosefalus yang sudah terbukti dan aman(Tanpa operasi)

Klik salah satu halaman dibawah ini

atau
dan


EmoticonEmoticon